Kepastian Hak Siar Liga Inggris (EPL)

Kepastian Hak Siar Liga Inggris (EPL)
share artikel
Untuk informasi update hak siar seluruh Liga Eropa dan pemegang hak siaran televisi resmi turnamen sepakbola lainnya, baca: Update Pemegang Hak Siar Liga Sepakbola

Stasiun TV mana saja yang menyiarkan Liga Inggris musim ini? Siapa pemegang hak siar EPL 2014? SCTV, Indosiar, NexMedia, Orange TV, First Media, Big TV? Berikut adalah informasi selengkapnya tentang hak siar English Premier League.
Hak Siar EPL
Sigh.

Distributor Hak Siar EPL

Sebelumnya, perkenalkan. Agen ini bernama MP & Silva, mereka adalah perusahaaan yang pekerjaannya adalah mengelola dan mendistribusikan hak siar berbagai event olahraga.

MP & Silva menjalin kontrak dengan English Premier League untuk menjadi pengelola hak siar Liga Inggris, mencakup total 380 siaran pertandingan Liga Inggris setiap musimnya, dari 2013-14 hingga 2015-16.

Deal kontrak meliputi seluruh hak atas EPL untuk tayangan TV, mobile, dan digital.

MP & Silva menjadi distributor eksklusif untuk siaran pertandingan English Premier League di 49 wilayah. Lebih detilnya, 2 wilayah di Eropa, 23 di Timur Tengah dan Afrika, serta 24 wilayah di Asia Pasifik.

Lebih detilnya lagi, wilayah-wilayah tersebut adalah: Belanda, Mauritania, Aljazair, Mesir, Libia, Maroko, Sudan, Sudan Selatan, Tunisia, Bahrain, Iran, Irak, Jordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Siria, Uni Emirat Arab, Yaman, Chad, Djibouti, Somalia, Selandia Baru, Fiji, Kepulauan Cook, Kepulauan Kiribati, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Niue, Mariana Utara, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tokelau, Tonga, Tuvalu, Vanuatu, French Polynesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Wallis & Futuna, Amerika Samoa, Guam & Papua Nugini, Timor Leste, serta terakhir adalah negeri kita tercinta... Indonesia.

Sekedar catatan, cakupan wilayah di atas punya potensi 142 juta pelanggan yang punya kesanggupan menonton siaran TV EPL setiap minggunya.

Hak Siar Liga Inggris di Indonesia

Harga hak siar Liga Inggris telah melonjak tajam. Jika tahun 2010 lalu MNC Group bisa membelinya dengan harga 39 juta USD, kini MP & Silva menawarkan angka dua kali lipat lebih banyak, 90 juta USD untuk durasi kontrak tiga musim.

Mahal, tapi masih laku. Siapa yang akhirnya mendapatkan lisensi hak siar dan menyiarkan Liga Inggris untuk paket kontrak 2013-2016? Ada tiga nama besar yang muncul: EMTEK Group, Orange TV, dan First Media. Mereka membaginya ke jaringan televisi masing-masing, dan inilah informasi selengkapnya...

1. EMTEK Group

PT. Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) mendapatkan hak siar EPL dan mengerahkan tiga stasiun televisi yang dimilikinya untuk menayangkan Liga Inggris 2013-2016: Nex Media (berbayar), serta SCTV (free to air/teresterial). Namun, masing-masing memiliki jatah siaran yang tidak sama.

# NexMedia
Hak siar EPL yang dimiliki NexMedia adalah paket Platinum, merupakan paket yang terlengkap dan menyiarkan 380 pertandingan tiap musim secara live.

Untuk mensupport program Barclays Premier League, NexMedia meluncurkan paket NexSports Platinum dengan biaya Rp 90.000/bulan, yang menghadirkan tiga channel khusus olahraga: beIN SPORT 1, beIN SPORT 2, dan beIN SPORT 3 Premier League. Selain tayangan Liga Inggris, channel-channel tersebut juga menayangkan Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, Major League Soccer (MLS), Liga Brasil, Piala FA, Coppa Italia, serta kualifikasi FIFA WORLD CUP 2014 tim papan atas Amerika Latin dan Eropa.

Pelanggan bisa langsung berlangganan paket NexSports Platinum tanpa harus berlangganan paket lainnya. Untuk berlangganan Nexmedia, wilayahnya hanya terbatas pada Jabodetabek.

# Liga Inggris di SCTV
Sebagai televisi yang bisa diakses gratis (teresterial), sayangnya SCTV hanya memiliki hak siar EPL paket Silver. Jatah pertandingan untuk paket silver adalah 76 laga dalam semusim. Artinya, hanya ada dua pertandingan yang disiarkan setiap pekan.

Selain itu, Paket Silver juga dibatasi hanya menayangkan pertandingan kelas menengah, alias bukan pertandingan Big Match. Jadi bisa dipastikan bahwa Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan duo Manchester tidak akan selalu hadir tiap pekan di televisi tak berbayar.

2. Orange TV

Sama seperti Nexmedia, Orange TV juga memiliki hak siar Liga Inggris untuk Paket Platinum selama 2013-2016. Artinya, akan ada 380 pertandingan per musim, atau 10 pertandingan per pekan yang akan ditayangkan. Tentu saja termasuk pertandingan klub-klub besar dan super big match.

Orange TV memasukkan siaran langsung Liga Inggris ke dalam paket Sporty, dengan biaya Rp 99.000/bulan. Selain EPL, dalam paket ini juga ada siaran langsung pertandingan Liga Italia, Liga Perancis, Liga Spanyol, Npower Championship, FA Cup, Capital One Cup, Coppa Italia, Coupe de la Ligue, Major League Soccer, Brazilian Football Championship, International Football, Champions League, Europa League, hingga ISL (Indonesia Super League).

Jangkauan Orange TV telah mencakup cukup banyak area di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk berlangganan Orange TV, pembayarannya dilakukan dengan sistem prabayar, dimana pelanggan bisa mengisi ulang ”pulsa langganan” melalui ATM atau agen terdekat.

3. First Media

PT First Media Tbk memiliki hak siar Premierleague Paket Gold, yang memiliki jatah 4 pertandingan setiap pekan, dan akan ditayangkan oleh dua stasiun televisi berbayar: Big TV (satelit) dan First Media (kabel).

Meskipun hanya memegang hak siar Paket Gold, tidak selengkap Paket Platinum, Big TV menawarkan keunggulan dalam hal kualitas, dimana tayangan Liga Inggris akan ditampilkan dalam kualitas High Defenition (HD). Selain itu, Big TV dan First media mengklaim sebagai televisi berbayar yang murah karena target pasarnya adalah untuk pelanggan kelas menengah.

Bye bye BIG MATCH... :(

Nexmedia, Orange, Firstmedia menyiarkan BPL via BeIn Sport yang merupakan channel olahraga global yang berafiliasi dengan Al Jazeera Media Networks. Di Indonesia, beIN mulai masuk sejak Juli 2013 dengan hak atas siaran Serie A, French Ligue 1, Major League Soccer (MLS), dan Liga Brazil. Semua hak siar ini dishare ke TV berbayar. Untuk tayangan Liga Inggris, mereka menjalin partnership dengan MP & Silva dari musim 2013/14 hingga 2015/16.

BeIN SPORT memiliki tiga channel high-definition untuk tayangan sepakbola, termasuk Liga Inggris: beIN SPORT 1 HD, beIN SPORT 2 HD dan beIN SPORT 3 Premier League HD. Ketiga channel tersebut bisa dinikmati melalui Orange TV and NexMedia, sedangkan beIN SPORT 1 HD dan 2 HD melalui First Media.

Nonton Liga Inggris
Bahagiakan Dirimu dengan Sepakbola

Overview: Solusi?

Jadi, siaran langsung Liga Primer Inggris yang lengkap hanya bisa disaksikan melalui televisi berbayar. Jika sebelumnya penggemar sepakbola Indonesia begitu dimanjakan, mulai 2013 tontonan surga sepakbola mulai terbatas. Maka rekan-rekan sehobi dan setanah air yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan Liga Inggris, harus berlangganan televisi berbayar jika masih ingin menonton laga yang berkelas, tidak sekedar pertandingan medioker. Sigh.

Live Streaming Liga Inggris

Bagaimana dengan streaming? Bisakah jadi solusi selain berlangganan TV berbayar? Belakangan pihak BPL mulai mempermasalahkan keberadaan streaming di internet yang dianggap ilegal. Mereka mendesak para penyedia layanan internet untuk memblokir akses streaming Liga Inggris, untuk melindungi hak-hak para pemegang lisensi siaran EPL yang sudah membayar miliaran uang.

Tapi tidak ada salahnya jika mengecek Link Streaming EPL, siapa tahu Anda sedang beruntung. Atau jika hanya ingin melihat video pertandingan, bisa coba cek halaman Highlight Liga Inggris.

Nonton Bareng Liga Inggris

Nonton bareng. Ini juga bisa menjadi solusi. Akan selalu ada basis suporter yang mengadakan event seperti ini. Jika Anda ingin nonton bareng, berikut adalah informasi akun fans club (kelompok suporter) klub-klub Liga Inggris di twitter, silakan berburu informasinya di sini:
  • Arsenal : @ID_ARSENAL
  • Chelsea : @ChelseaIndo
  • Man. City : @CityIndonesia @INA_Citizens
  • Manchester United : @UtdIndonesia
  • Liverpool : @LFC_ID
  • Spurs : @IndoSpurs
  • Everton : @IndoEvertonian
[edit post]

↓ tanggapan / komentar

-

- artikel lainnya -