10 Rezim Pelatih Terlama di Eropa

10 Rezim Pelatih Terlama di Eropa
share artikel
Tak hanya di dunia politik, di sepakbola juga ada rezim yang bisa lama berkuasa. Pelakunya adalah sang manajer/pelatih.
Alex Ferguson - Wenger
Arsene Wenger dan Alex Ferguson

Berikut ini dia daftar 10 manager dengan masa kerja terpanjang dalam satu klub di persepakbolaan Eropa..

1. Fred Everiss

Dialah pelatih klub terlama, nyaris setengah abad! Everiss menangani West Bromwich Albion (WBA) selama 46 tahun dari 1902 hingga 1948. Sesungguhnya, secara administratif, jabatan Everiss pada masa itu adalah sebagai secretary-manager. Namun tugas kepelatihan menjadi salah satu tanggungjawabnya.

2. Guy Roux

Guy Roux adalah legenda Auxerre. Di era sepakbola modern, dialah pelatih terlama ketika menangani Auxerre selama 44 tahun (1961-2005). Eric Cantona, Djibril Cisse, Laurent Blanc, dan Philippe Mexes adalah pemain hasil didikannya. Sumbangsih besar Roux membuat pendukung Auxerre menganggapnya seperti dewa. Di tangannya, Auxerre meraih lima trophy juara domestik. Karir Roux sebagai pemain juga total dihabiskan bersama Auxerre (1952-1961).

3. Alex Ferguson

Semua orang mengenalnya. Fergie menjadi pelatih MU selama seperempat abad lebih, sejak Agustus 1986. Dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris, dan gelar Sir di depan namanya telah menegaskan seberapa besar pengaruh pria Skotlandia ini untuk sepakbola Inggris. Pada 2013, akhirnya Fergie memutuskan untuk pensiun.

Baca juga:

4. Anatoliy Volobuyev

Selama 17 tahun sejak 1989 hingga 2006, Volobuyev menjadi pelatih FC Stal Alchevsk (klub Ukraina). Sempat menjadi wakil presiden federasi sepakbola Ukraina, Volobuev kembali melatih Stal Alchevsk sejak tahun 2009 lalu.

5. Volker Finke

Finke menangani SC Freiburg selama 16 tahun, dari 1991 sampai 2007. Ini adalah rekor masa kepelatihan terlama dalam sejarah persepakbolaan Jerman. Walaupun lama dipercaya menjadi pelatih Freiburg, prestasi Finke tidak terlalu mengesankan kecuali pernah lolos ke kualifikasi Piala UEFA 1995 dan 2001. Selebihnya, Freiburg lebih sering naik turun divisi.

6. Arsene Wenger

Sejak 1996 datang ke Arsenal, Wenger membawa perubahan besar. Hingga sekarang, sudah 16 tahun lebih masa baktinya untuk the Gunners, Wenger menjadi satu-satunya penantang hegemoni Alex Ferguson yang masih bertahan di Liga Inggris. Pelatih yang menguasai 5 bahasa ini terkenal dalam hal memoles potensi muda berbakat menjadi pemain berbintang.

7. Alan Curbishley

Di Inggris, Curbishley adalah 'Fergie'-nya klub kecil. Dia menjadi pelatih Charlton selama 15 tahun (1991-2006). Kesuksesan terbesarnya adalah membawa Charlton promosi ke Premierleague pada tahun 1995. Curbishley memiliki reputasi bagus dalam mengembangkan pemain-pemain yang dibeli murah di bursa transfer. Danny Mills, Lee Bowyer, Scott Parker, dan Darren Bent adalah hasil binaannya. Pada tahun 2006, Curbishley sempat menjadi calon kuat pelatih timnas Inggris, tapi akhirnya tidak terwujud.

8. Otto Rehhagel

Rehhagel lebih dikenal karena suksesnya mengantar Yunani menjadi juara Eropa 2004. Di level klub, Rehhagel sempat menghabiskan 14 tahun bersama Werder Bremen (1981-1995). Selama periode itu, Bremen diubahnya dari klub biasa menjadi salah satu tim besar Jerman. Bersama Rehhagel, Bremen menikmati sebuah trophy Piala Winner, tiga kali juara Bundesliga, dan tiga buah trophy Piala Jerman.

9. Patrick Maurer

Patrick Maurer adalah pelatih asal Luxemburg, yang hingga saat ini masih melatih FC Jeunesse. Ditunjuk sejak 1998, dia telah bertugas selama 13 tahun.

10. Sergey Oborin

Sergey Oborin menjadi pelatih klub Rusia, FC Amkar Perm, dari 1995 sampai 2006 (11 tahun). Amkar Prem merupakan klub yang baru didirikan tahun 1995. Dari divisi tiga Liga Rusia, Oborin sukses membawanya hingga promosi di kasta tertinggi liga Premier Rusia.
[edit post]

↓ tanggapan / komentar

-

- artikel lainnya -